MACAM – MACAM PENGERTIAN
MANAGEMEN MARKETING
Pengertian
manajemen pemasaran menurut American Marketing Association adalah
sebagai berikut: Manajemen Pemasaran adalah perencanaan, pelaksanaan dan
pengendalian operasi pemasaran total, termasuk tujuan perumusan tujuan
pemasaran, kebijakan pemasaran, program pemasaran dan strategi pemasaran, yang
ditujukan untuk menciptakan pertukaran yang dapat memenuhi tujuan individu
maupun organisasi.
Pengertian
manajemen pemasaran menurut Philip Kotler/Armstrong
(2002:14), terjemahan Wilhelmus W. Bakowatun menyebutkan bahwa : “Manajemen
pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas
program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan
pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk
mencapai sasaran organisasi”
Pengertian
manajemen pemasaran menurut Buchari Alma (2004:130), yaitu: “ Manajemen
Pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan
pemasaran perusahaan ataupun bagian dipemasaran.”
Pengertian
manajemen pemasaran menurut Lupiyo Adi (2006:6) dikatakan bahwa :
“Manajemen pemasaran adalah suatu analisis, perencana, pelaksanaan serta
kontrol program-program yang telah direncanakan dalam hubungannya dengan
pertukaran-pertukaran yang diinginkan terhadap konsumen yang dituju untuk
memperoleh keuntungan pribadi maupun bersama”.
Pengertian
manajemen pemasaran menurut Philip William J. Shultz (dalam
buku Prof. Dr. H. Buchari Alma, “Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa”,
cetakan-7, 2005, p130), Manajemen pemasaran adalah merencanakan, pengarahan,
dan pengawasan seluruh kegiatan pemasaran perusahaan ataupun bagian dari
perusahaan.
Pengertian
manajemen pemasaran dalam buku "Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku
Konsumen (Dharmmesta & Handoko, 1982)" adalah
salah satu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk
mempertahankan kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk
mendapatkan laba. Proses pemasaran itu dimulai jauh sejak sebelum barang-barang
diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan
harus juga memberikan kepuasan kepada konsumen jika menginginkan usahanya
berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik terhadap
perusahaan (Dharmmesta & Handoko, 1982).
Pengertian
manajemen pemasaran menurut John W. Mullins, Marketing management is the
process of analyzing, implementing, coordinating, and controlling programs,
involving the conception, pricing, promotion, and distributions of products,
services and ideas designed to create and maintain beneficial exchanges with
target market for the purpose of achieving organizational objectives.
Pengertian
manajemen pemasaran menurut Peter R. Dickson, Marketing management is the many
and variate organizational activities involved in understanding what consumer
want and how they behave.
Pengertian
manajemen pemasaran menurut Swastha (1995 : 5) : penganalisaan,
perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program-program yang bertujuan
menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai
tujuan perusahaan.
Pengertian
manajemen pemasaran menurut Sofyan Assauri (2004) Manajemen Pemasaran
merupakan kegiatan menganalisis, merencanakan, mengkoordinasikan dan
mengendalikan semua kegiatan yang terkait dengan perancangan dan peluncuran
produk, pengkomunikasian, promosi dan pendistribusian produk tersebut,
rnenetapkan harga dan mentransaksikannya, dengan tujuan agar dapat memuaskan
konsumennya dan sekaligus dapat mencaapi tujuan organisasi perusahaan jangka
panjang.
Pengertian
manajemen pemasaran menurut Winardi, mengemukakan “manajemen pemasaran
adalah proses pengambilan keputusan, perencanaan, pengawasan aspek-aspek
pemasaran sesuatu perusahaan sehubungan dengan konsep pemasaran, di dalam
sistem pemasaran.”
Pengertian
manajemen pemasaran menurut William J. Stanton adalah
penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang
ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju, dengan maksud
untuk mencapai tujuan organisasi.
Pengertian
manajemen pemasaran dalam buku Marketing management: A strategic approach with
a global orientation (Boyd, Walker, Larreche, 1998) adalah
suatu proses analisis, perencanaan, implementasi, koordinasi dan pengendalian
program pemasaran yang meliputi kebijakan produk, harga, promosi, dan
distribusi dari produk, jasa, dan ide yang ditawarkan untuk menciptakan dan
meningkatkan pertukaran manfaat dengan pasar sasaran dalam upaya pencapaian
tujuan organisasi (Boyd, Walker, Larreche, 1998, p.16).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar